Selamat datang Sonic . . . Selamat tinggal CS-1

​Assalamu’alaikum Wr.Wb
Semoga kita semua masih di beri sehat wal afiat oleh sang pencipta . . . sehingga kita dapat melakukan aktivitas sehari-hari seperti biasa

Ok bro.sis . . . kali ini aTs akan bercerita sedikit,ya boleh di katakan curhat juga sih . . . 

Ok langsung saja,per tanggal 27 oktober 2016 aTs memiliki tunggangan baru bro sis,yaitu si Honda New Sonic 150R . . . yang menggantikan posisi dari tunggangan aTs sebelumnya yaitu Honda CS-1 . . . 

Tradisi siram kembang yg tak pernah lupa

Kenapa gak pilih CB150R atau NEW CBR ? nanti aTs bahas next artikel

aTs membelinya dengan sistem cash di dealer resmi honda dekat rumah aTs,aTs memilih warna hitam doff yang special edition dengan kombinasi velg warna merah . . . dan harus inden maksimal 1 minggu,yang aTs heran dealer segitu gede.nya sonic yang ready cuma 1 biji aja,itu pun warna merah . . . entah karna jarang peminat.nya ato memang masih tergolong keluaran baru . . .

Dealer resmi honda tempat aTs beli motor (Sonic)

Sebener.nya bukan aTs sih yang beli,tapi orang tua aTs yang beliin,aTs hanya menyumbang separuh harga saja bro.sis,itupun dari jerih payah aTs ngumpulin uang jajan selama bertahun tahun dan bekerja jadi Tour Leader di Perusahaan Otobis di tempat aTs,oh iya aTs ini pecinta bus lho . . .  wkwkwk 😀

New Sonic 150R warna Hitam doff

NB : Jangan pernah membanggakan barang yang bukan hasil dari jerih payahmu sendiri,terlebih itu pemberian orang tua.mu.

Jujur-sejujur jujur.nya bro.sis sebener.nya aTs tidak ingin menjual si Cs1 . . . ya,si cs1 lansiran tahun 2008 ini sangat2 aTs sayangi layak.nya keluarga sendiri,perawatan yang hampir tidak pernah lupa . . . hingga sampai terakhir kali saat terjual kondisinya pun masih sangat bagus . . . tidak ada cacat sama sekali bro.sis,bisa di bilang istimewah.

Honda cs1 milik aTs tahun 2008

Dan spek.nya pun masih standart bro.sis,cuma modif dikit aja seperti ubah kelistrikan jadi Fullwave-dc saja,lampu juga sudah pakek led,velg jari2 merk rossi warna merah,lainya bawaan pabrik . . . karna aTs sendiri lebih suka aliran klasik jadi gk suka modif model touring yang memberatkan beban motor.

aTs membeli si cs1 pada tahun 2012 bro.sis,alias second . . . di showroom terkenal di kota aTs,semenjak memiliki Cs1 pada tahun 2012 hingga terakhir kali terjual . . . sama sekali tak ada problem berarti,hanya masalah di perkabelan saja,itupun gk terlalu parah . . . mungkin karna umur kali yah,kabel.nya sudah getas.

Selain itu tidak ada problem sama sekali,apalagi di sektor mesin . . . hampir tidak pernah bro.sis,rutin ganti oli tiap 1000 km sekali . . . setiap hari menempuh jarak pulang-pergi sekitar 50 km,dan selalu aTs bejek gas.nya hingga High RPM . . . tp alhamdulliah selama itu mesin tidak ada masalah,masih tetap halus dan tarikan pun masih responsif,ya memang tidak seperti dulu lagi sih . . . tapi masih sanggup buat uber-uberan sama sport 150 cc lainya,walaupun tarikan bawah agak keteteran . . . dan konsumsi bbm pun terbilang sangat irit bro.sis,aTs pernah mencetak rekor 1:55 km,tapi si cs1 ini jarang saya servis bro.sis,paling rutin 1 tahun sekali . . . kenapa ? aTs masih memegang prinsip aTs sendiri,yaitu selagi motor masih enak di kendarai dan tidak ada masalah aTs gak akan men-servis motor aTs,ini akan aTs bahas di next Artikel yah . . . 

Kondisi waktu terjual

Tapi,tak ada gading yang tak retak bro.sis . . . ada beberapa faktor yang mengharuskan aTs menjual si Cs1 . . . 

Tidak bisa di pungkiri lagi bro.sis,usia memang menjadi faktor utama kenapa aTs harus menjual si cs1 ini . . . banyak sekali body2 yang patah,terutama di bagian lobang baut . . . boleh di katakan tidak bisa di perbaiki lagi bro,dan mutlak harus beli body baru

Drat baut pun sudah banyak yang sleg,kabel2 pun semrawut banyak jumperan sana-sini . . . ya sbener.nya masih aman sih klo di pakek,gk ada masalah . . . 

Terakhir kali yaitu masalah pada drat baut di tangki cs1,alhasil aTs harus beli tangki baru di dealer resmi . . . dan harus merogoh kocek agak dalam,skitar 300 ribuan . . . lambat laut seiring berjalanya waktu memang masalah akan semakin bertambah . . . sebener.nya bukan karna itu bro.sis faktor utama kenapa aTs harus menjual si cs1 . . . klo motor semakin tahun makin banyak kendala.nya itu kan wajar bro.sis

Waktu servis dan bersihin tangki

Tapi berbeda dengan si cs1 ini bro.sis,jangan samakan cs1 dengan motor2 lain . . . mungkin motor lain kalaupun ada kerusakan masih banyak sparepart.nya di toko2 biasa . . . tanpa harus inden atau beli ke bengkel resmi

Beda lagi dengan cs1,hampir semua part.nya harus inden dulu . . . bahkan di grup facebook ada yang bilang kalau pihak ahm sudah tidak memproduksi spare part honda cs1 lagi,saat itulah aTs mulai goyah dan ingin menjual si cs1 . . . iya sih kalo inden part.nya itu bagian rangka ato body saja,jadi tidak terlalu mendesak,bayangkan jika ada kerusakan part di bagian mesin dan part.nya harus inden,sudah pasti motor akan opmane di bengkel . . . meskipun banyak sih temen2 di grup yang menjual.nya,tapi tetep saja kan harus kirim dulu paling cepet 3 hari . . . dan lagi,aTs juga masih mahasiswa yang belom punya penghasilan tetap,jadi klo mau beli spare part ya harus mikir2 dulu soal harga,hehehe 😀

Mesin tanpa pernah ada masalah

Beda sama orang yang punya penghasilan tetap,dan hobi sama otomotif . . . berapa aja uang yang di keluarkan di pasti rela untuk motor kesayangan.nya sendiri.

Lha sedangkan aTs ? Mau modif ini itu aja harus ngumpulin uang jajan selama bertahun-tahun.

Jadi inti.nya aTs tidak sanggup klo di suruh merawat si cs1 . . . karna kendala spare part yang susah atau biaya dan kondisi motor yang minta di perbarui khusus.nya bagian body . . . kalo mesin mungkin masih bisa di pakek beberapa tahun ke depan sebelum minta di kolter/oversize 😀

Sebener.nya cs1 aTs itu sudah sangat layak kalo buat orang biasa2 saja,tapi klo buat aTs sendiri banyak yang harus di benahi . . . mungkin orang lain mengangap kerusakan kecil pada body tidak terlalu di perhatikan,klo aTs sih baret sedikit aja gk rela bro.sis . . .

Pernah sekali ganti kampas kopling

Last,di luar itu semua cs1 adalah motor yang paling aTs sukai . . . karna aTs sendiri juga tidak suka mainstream,jadi memilih cs1 sebagai tunggangan dari mulai sma hingga kuliah semester 5 . . .

Semoga kamu bahagia sama keluarga baru.mu cess :’)

Terima kasih sudah menemaniku kemana pun aku pergi . . .

Terimakasih sobat atas jasamu selama ini :’)

Artikel selanjutnya aTs akan bahas kekurangan dan kelebihan Sonic dengan Cs1

Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
Salam Pramuka !!!
Email : Artieyuz@gmail.com

Wa/hp : 085731573703

Ig : @Artieyuz

Bbm : 5F8BAB3F

Satu tanggapan untuk “Selamat datang Sonic . . . Selamat tinggal CS-1

  1. Ane punya cs1 yg masih ane rawat
    Motor gk pernah nyusahin selama ama ane
    6 tahun 120k km lebih
    Ujan deras banjir pun masih ok gk pake ngadat
    Sekarang ane beli honda beat tp tetep sampe kapan pun cs1 gk bakal ane jual kenangan lintas kota sejawabarat dan jabodetabek
    Salam cs1 owner

    Suka

Tinggalkan komentar